CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Pages

Wednesday, January 16

Bahan makanan untuk mpasi

Untuk memberi pengalaman makan yang menyenangkan pada bayi yang sedang belajar makan, pilihan bahan makanannya harus tepat. Jadikan ini sebagai referensi ya.

  • Serealia, seperti beras dan jagung harus dihaluskan dulu menjadi tepung sebelum diolah menjadi makanan bayi. Namun ada juga yang dimasak menjadi bubur, baru dihaluskan. Bila ingin membuat tepung sendiri, buatlah dalam jumlah yang tidak terlalu banyak agar selalu bisa diberikan dalam keadaan segar. Bagi ibu bekerja, pembuatan tepung bisa dilakukan seminggu sekali, saat akhir pekan.
  • Sayuran, tidak hanya yang berdaun, tapi juga kacang-kacangan dan umbi-umbian. Pilih yang tidak berserat banyak dan mengandung/ menghasilkan gas, misalnya daun bayam, buncis dan wortel. Cara terbaik untuk menyiapkan sayuran adalah dengan mengukusnya. Sebelumnya, bersihkan sayuran secara menyeluruh, kupas kulitnya dan potong menjadi beberapa bagian. Kukus sampai matang dan lunak, angkat, tiriskan lalu haluskan dengan blender atau food processor sampai Anda dapatkan tekstur yang diinginkan. Untuk kacang hijau, jika akan dibuat tepung, sebaiknya beli yang sudah dikupas kulitnya. 
  • Buah, ada yang bisa diberikan langsung tanpa dimasak seperti pisang dan ada yang harus dimasak seperti apel. Untuk golongan yang kedua, cuci, kupas dan buang semua biji yang ada, lalu masukkan ke dalam panci. Beri air secukupnya sampai buah terendam dan rebus sampai lunak - biasanya sekitar 10-15 menit tergantung jenis dan ukuran potongan buah. Setelah matang, haluskan seperti sayuran. Jangan menambahkan gula atau pemanis apapun karena bayi cukup puas dengan rasa manis alami buah. 
  • Daging dan ikan. Pilih daging yang sedikit mengandung lemak, daging ayam tanpa kulit atau daging ikan tanpa duri. Semua jenis daging harus diolah sampai benar matang, diberikan sedikit demi sedikit sesuai usia bayi, dan dicampur dengan bahan makanan lain. Hal ini karena ginjal bayi belum berkembang sempurna. Daging dapat direbus, dihaluskan dan dibekukan. Hindari pemberian daging olahan seperti sosis dan bakso, karena selain mengandung banyak garam , produk ini mengandung banyak pengawet, pewarna dan tambahan bahan kimia lain yang tidak baik bagi kesehatan bayi.

0 komentar:

Post a Comment