CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Pages

Wednesday, January 16

Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus

Dengan beberapa permainan ini, bayi dapat melatih keterampilan dan koordinasi otot-otot halusnya. Seperti otot-otot jari tangan, jari kaki, pergelangan tangan, bibir, dan lidah.

* 0-3 bulan: Hai, kamu menangkapku

Cara: Gelitik telapak tangan anak dengan jari tangan Anda. Saat dia menangkap jari tangan Anda, goyangkan saja sambil berkata, "Kamu telah menangkapku!" Biar seru, gerakkan jari tangan Anda "keluar masuk" genggaman tangannya.

Manfaat: Selain melatih otot-ototnya, upaya bayi untuk menggenggam jari tangan Anda memberikan keasyikan tersendiri.

* Usia 4-7 bulan: Tekan pipiku

Cara: Pangku anak menghadap Anda (bila perlu, sangga punggungnya). Kembungkan pipi Anda, lalu kempiskan dengan jari telunjuk Anda sambil mengatakan, "Puh". Ulangi gerakan agar bayi Anda meniru hal yang sama dengan pipi Anda. Tunjukkan pula padanya kalau ia menekan hidung Anda, Anda akan bersuara, "Beep-beep." Jika ia menarik kuping Anda, Anda akan menjulurkan lidah.

Manfaat: Permainan ini akan mengembangkan koordinasi tangan dan matanya. Selain itu, ia juga belajar kalau tangannya bisa jadi alat untuk menyebabkan terjadinya sesuatu.

* Usia 8-12 bulan: Kotak ajaib

Cara: Masukkan beberapa benda kecil, seperti bola, bel, atau boneka, ke dalam kotak. Berikan kotak pada bayi Anda, lalu biarkan ia memeriksa isinya dan mengosongkannya. Selanjutnya, lihat apakah ia dapat menaruh kembali semua benda ke dalamnya.

Manfaat: Tanpa disadari, anak belajar untuk membunyikan bel dengan menggerakkan pergelangan tangannya, atau menjatuhkan bola saat membuka tangannya. Pada usia 9 bulan, Anda dapat melatihnya mengambil benda kecil dengan telunjuk dan ibu jarinya. Namun, jangan berikan benda atau mainan yang diameternya kurang dari 3 cm dan panjangnya kurang dari 2 cm.

Sumber: http://www.ayahbunda.co.id

0 komentar:

Post a Comment