CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Pages

Thursday, April 4

Manfaat Renang untuk Si Kecil


Wah rasanya seru ya mau mengajak bayi renang….yuk di intip dulu manfaat yang akan diterima oleh bayi saat renang. Berdasarkan pengalaman sewaktu balita tujuan paling utama untuk renang adalah alasan pernafasan. Katanya anak yang dibiasakan renang sejak kecil akan menghindarinya dari segala penyakit pernafasan. Terapi penyakit asma bisa dilakukan juga dengan berenang. Nah selain itu, berdasarkan yang dikatakan pelatih renang saat saya kecil, mengajarkan anak renang sejak dini akan membuatnya terbiasa dengan air jadi resiko tenggelam akan lebih kecil. Renang juga sangat baik untuk pertumbuhan fisik anak.
Berikut adalah 5 manfaat renang untuk bayi anda:
1.    Merangsang refleks motorik. Saat berenang, bayi akan menggerakan seluruh tubuh, kaki, tangan dan kepala. Pergerakan ini sangat baik untuk motoriknya kelak.
2.    Manfaat sosial. Melatih bayi untuk renang bersama dalam satu kolam dengan bayi lain sangat  membantu dalam hal sosialisasi, salah satunya adalah mengajarkannya untuk beradaptasi  mengenal orang lain. Dengan berenang si kecil akan terbiasa untuk mengkuti instruksi. Selain itu renang juga akan mendidik anak untuk dapat mandiri dan meningkatkan kepercayaan dirinya. Pengalaman renang tersebut akan selalu terekam dan membuat bayi anda menjadi percaya diri saat dewasa.
3.    Meningkatkan IQ. Nah, tahukah anda bahwa mengajak bayi renang bermanfaat juga untuk membuat kemampuan kognitifnya berkembang? Yaitu kemampuan berfikir, belajar dan proses pemecahan masalah. Penelitian dari studi di Jerman mengatakan, “seorang anak yang telah berlatih renang sejak awal, terutama selama tiga bulan pertama usia tidak hanya memiliki potensi untuk menjadi anak berbakat, tetapi juga lebih mandiri dan percaya diri, dan mengungkapkan kecerdasan yang lebih tinggi daripada anak yang tidak dilatih. Sedikit gerakan anggota badan sambil berenang dapat diharapkan untuk merangsang pertumbuhan saraf tepi. Jadi otak menjadi lebih aktif dan diharapkan dapat meningkatkan kecerdasannya”
4.    Melatih keberanian. Mengajak berenang bayi sangat baik untuk melatih keberaniannya agar tidak takut dengan air. Saat saya masih balita saya memang sering diajak untuk renang, maka kolam renang bukan tempat asing bagi saya, saya sekarang merasakan efek dari yang orang tua dulu berikan, yaitu memiliki keberanian meski di kolam terdalam sekalipun.
5.    Manfaat Kesehatan. Renang sebagai salah satu jenis olahraga tentunya akan memberikan manfaat seperti layaknya olah raga lain, manfaat kesehatan yang juga akan anda dapatkan dengan renang salah satunya kesehatan jantung dan paru-paru. Renang juga dipercaya sebagai terapi untuk penderita penyakit asma. Renang juga baik untuk membuatnya lelap tidur. Untuk anak yang sulit tidur bisa juga dicoba cara ini.
Jadi berenang selain menyenangkan ternyata juga banyak manfaatnya loh, jika hari ini tidak hujan, yuk ajak bayi berenang 


Sumber :http://www.bilna.com

0 komentar:

Post a Comment