CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Pages

Tuesday, May 28

O-Pizza Ayam Sosis Saus Tuna

Judul makanan yang panjang,, hahaha, daaaannn pastinya anehhh bentuknya, eiitss tapi enyak rasanyaaaa *nomnoomnoommm

The first pizza I ever made,, and,, saaakksesss ibu-ibu,,*yeayyy
kenapa namanya O-Pizza,, karena bikinnya pake loyang baking pan, yang otomatis bolong tengaheee,, hahha,, berhubung ga punya loyang pizza jadi deh pake loyang bakingpan, dan pastinya manggangnya juga pake bakingpan. :D

Oiya kata siapa buat pizza itu susah,, kata siapa buat pizza itu ribet,, semua itu dusta,, hahahaha *lebay
tapi kata2 itu khusus buat si kulit pizza ini lhooo,, kulit pizza khusus si "pemalas",, :p
Adonannya saya dapat dari Blognya Mba Endang Just Try n Taste.Gampang banget ga perlu diulenin, tinggal aduk aduk, jadi deh,, tapi saya hanya pake adonan kulitnya saja, kalau untuk toppingnya saya sesuaikan dengan stok kulkas,,, dan sausnya saya pake saus pasta La Fonte Hot Tuna, bener 2 lazzy yahh ;p
dah ah prolognya, Yuk kita langsung share resepnya


Bahan adonan  pizza:
- 150 ml air hangat
- 2 sendok makan minyak zaitun atau minyak sayur biasa
- 1 sendok teh ragi instan, pastikan fresh dan cek masa kedaluarsanya (saya pake Fermipan)
- 1/2 sendok teh garam
- 180 gram tepung terigu serba guna atau protein tinggi (saya pake segitiga biru)

Saus:
- La Fonte Hot Tuna

Topping:
3 pcs sosis potong tipis-tipis
ayam suir (rebus dan goreng sebentar dengan sedikit minyak tambah royco dan merica sedikit)
2 sendok makan keju cheddar parut (saya pake diamond, punya azka :p)
3 sendok makan keju mudah leleh (saya pake Kraft Quickmelt)

Cara membuat:
Siapkan mangkuk, masukkan tepung terigu dan garam, aduk rata dengan spatula. Masukkan semua bahan adonan pizza lainnya,  aduk hingga semua bahan tercampur rata dan menjadi adonan yang kasar, lembek dan agak basah. 

Tutup mangkuk dengan kain, biarkan di suhu ruang selama 1 jam hingga mengembang. Masukkan adonan ke kulkas dan biarkan 1 - 2  jam lagi dalam posisi tertutup kain. Adonan boleh didiamkan di kulkas maksimal hingga 7 jam. Semakin lama adonan diisitirahatkan maka roti akan terasa semakin sedap. 

Menata pizza:
Panaskan oven di suhu 200'C. karna ga pake oven saya pake baking pan.
Keluarkan adonan pizza dari kulkas, letakkan di atas loyang. Menggunakan ujung-ujung jari tekan-tekan adonan hingga melebar dan memenuhi loyang. Usahakan setiap permukaan adonan memiliki ketebalan yang sama. Adonan lembek, tidak lengket dan mudah diatur.

Olesi permukaan adonan dengan saus, gunakan kuas untuk mempermudah pekerjaan anda. Jika tidak ada bisa menggunakan ujung spatula plastik. Tata sosis, ayam suir secara merata. Taburi dengan keju cheddar, keju mudah melele.

Panggang pizza selama 20 menit atau hingga roti terlihat mulai kecoklatan dan kering permukaannya. Keluarkan dan potong-potong selagi hangat.

*yummiii!!!


 

0 komentar:

Post a Comment